Begini Urutan Tingkatan Kultivasi BTTH Yang Harus Kalian Tahu

Begini Urutan Tingkatan Kultivasi BTTH Yang Harus Kalian Tahu

Daftar tingkatan kultivasi BTTH - Bagi para penggemar donghua atau animasi China, BTTH adalah salah satu serial yang wajib ditonton. Serial ini bergenre xianxia dan sangat populer di seluruh dunia, dengan jalan cerita yang menarik.

Tingkatan kultivasi, atau dikenal juga sebagai ranah kultivasi, adalah tingkat kemampuan dalam menguasai Dou Qi yang dicapai melalui latihan dan konsumsi obat-obatan khusus. Tingkatan ini menunjukkan seberapa kuat seorang kultivator, semakin tinggi tingkatannya, semakin kuat dan dominan pula kultivator tersebut.

Setiap serial memiliki penamaan tingkatan kultivasi yang berbeda-beda. Dalam BTTH, penamaannya disesuaikan dengan latar tempat cerita, yaitu benua Dou Qi, sehingga setiap tingkatan kultivasi selalu menggunakan kata "Dou" di depannya, misalnya Dou Wang, Dou Huang, Dou Zong, dan lain-lain.

Meskipun penamaannya berbeda-beda pada setiap donghua, dasar dari setiap tingkatan kultivasi ini sama, yaitu berdasarkan pengembangan energi "Qi". Energi ini diyakini dalam kepercayaan Taoisme sebagai energi yang ada dalam tubuh manusia. Energi Qi mengalir melalui jalur-jalur energi yang disebut meridian, yang terhubung ke berbagai organ dan bagian tubuh. Kualitas Qi yang baik dan seimbang di dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional manusia.

Dalam serial BTTH, terdapat setidaknya 12 tingkatan kultivasi. Karakter protagonis, Xiao Yan, mengalami perjalanan kultivasi mulai dari tingkat Dou Zhi Qi hingga mencapai tingkat Dou Di di akhir novel. Namun, dalam realitas lain, Xiao Yan bahkan mencapai tingkat Dou Di bahkan The Great Ruler. Namun, kita tidak akan membahas tentang The Great Ruler karena itu tidak ada dalam realm BTTH.

Baca Juga: Urutan nonton donghua Battle Through The Heavens yang benar 

Tabel Urutan Tingkatan Kultivasi BTTH

Data tingkatan kultivasi BTTH di bawah ini berur dari yang terendah sampai yang terkuat

No Tingkatan Terjemahan Penjelasan
Inggris Indonesia
1 Dou Zhi Qi (斗之气) Dou Disciple Murid Dou Tahap awal di mana seseorang mulai mengolah dan memahami Dou Qi, energi pertempuran dalam dunia novel ini.
2 Dou Zhe (斗者) Dou Practicioner Praktisi Dou Qi Seorang petarung yang mampu mengendalikan dan menggunakan Dou Qi dalam pertempuran.
3 Dou Shi (斗师) Dou Master Guru Dou Praktisi Dou Qi yang telah mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam penggunaan Dou Qi, dan dapat membentuk perlindungan defensif dengan Dou Qi.
4 Da Dou Shi (大斗师) Dou Grandmaster Guru Besar Dou Praktisi Dou Qi yang mampu menjadikan Dou Qi-nya cukup keras untuk membentuk senjata atau benda keras lainnya.
5 Dou Ling (斗灵) Dou Spirit Roh Dou Tingkatan di mana Dou Qi seseorang telah mengkristal dan dapat diaplikasikan pada benda lain.
6 Dou Wang (斗王) Dou King Raja Dou Seseorang yang mampu membentuk sayap Dou Qi dan menarik energi sekitarnya, meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi masih berguna dalam pertempuran.
7 Dou Huang (斗皇) Dou Emperor Kaisar Dou Individu yang dapat menyerap jumlah besar Dou Qi dari sekitar dan sementara melayang di udara tanpa sayap.
8 Dou Zong (斗宗) Dou Anchestor Leluhur Dou Individu yang mencapai puncak kekuatan di kalangan klan kecil atau klan yang lebih rendah.
9 Dou Zun (斗尊) Dou Venerate Dou Venerate Pencapaian terbesar di kalangan klan besar atau sekte, yang dapat menghancurkan wilayah dengan kekuatan mereka sendiri.
10 Ban Sheng (半圣) Half-saint Setengah Santo Sejatinya bukan merupakan Dou State namun tetap menjadi tahapan yang harus dilalui seorang praktisi untuk memasuki tingkat Dou Sheng. Ini merupakan tingkat transisi.
11 Dou Sheng (斗圣) Dou Saint Santo Dou Peringkat tinggi di kalangan kultivator yang mampu melampaui batasan manusia dan memperoleh kehidupan yang panjang.
12 Dou Di (斗帝) Dou God Dewa Dou Peringkat mitos yang berada di atas semua yang lainnya.

Penutup

Umumnya semakin tinggi tingkatan kultivasi maka semakin kuat juga praktisi tersebut. Namun hal tersebut tidak berarti bahwa selamanya praktisi tersebut akan menang melawan praktisi lain yang level kultivasinya lebih rendah. Dengan kata lain tidak absolute karena masih ada faktor lain yang sangat berpengaruh yaitu skill atau keterampilan bertarung sampai dengan properti tambahan seperti senjata dan Api Surgawi.

Kita ambil contoh Main Character aka MC Xiao Yan yang hanya seorang Dou Wang (sampai Season 5) mampu dengan mudah membunuh praktisi Dou Wang sampai Dou Huang dengan mudah, bahkan bisa melukai dengan serius seorang Dou Zong dengan padatan kombinasi api surgawinya.